5 Aplikasi Edit Foto Terbaik Untuk PC dan Laptop

Seiring berkembangnya teknologi saat ini membuat kita semua menjadi lebih mudah dalam melakukan segala hal seperti salah satunya dalam pengeditan photo. Pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk berbagi sedikit pengetahuan tentang beberapa aplikasi photo editor terbaik untuk PC atau laptop dan tentu nya recommended untuk kalian yang sedang mencari aplikasi mana yang sesuai, di antara nya ialah ;

1. Adobe Photoshop

Dalam 2 dekade terakhir, Adobe Photoshop CS6 telah menjadi pilihan utama bagi para desainer grafis dan photographer profesional dan telah menjadi andalan Adobe sebagai aplikasi photo editor. Maka tak heran jika Photoshop sangat lekat kaitan nya dalam proses pengeditan photo.

Adobe Photoshop atau sering disebut juga Photoshop merupakan perangkat lunak yang dikeluarkan oleh adobe system dan dikhususkan untuk pengeditan gambar atau photo.

Dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop ini anda dapat merasakan interface yang user friendly. Anda juda dapat dengan mudah mencari fitur-fitur di dalam nya seperti memotong, mengubah ukuran, hingga mengubah kontras dan pembuatan efek atau yang sering di sebut layer style.

Adapun bebrapa versi dari Photoshop diantaranya;

  • Photoshop CS (Creative Suite) merupakan versi ke VIII dari Adobe Photoshop
  • Photoshop CS2 merupakan versi ke IX dari Adobe Photoshop
  • Photoshop CS3 merupakan versi ke X dari Adobe Photoshop
  • Photoshop CS4 merupakan versi ke XI dari Adobe Photoshop
  • Photoshop CS5 merupakan versi ke XII dari Adobe Photoshop
  • Photoshop CS6 merupakan versi ke XIII dari Adobe Photoshop

Bagi anda yang masih kesulitan dalam menggunakan Adobe Photoshop ini ada baik nya anda buka platform Adobe TV, disana anda akan mendapatkan pelajaran bagaimana cara anda menggunakan Adobe Photoshop dan banyak vidio tutorial nya yang dibagikan oleh Adobe untuk para pengguna pemula maupun pengguna tingkat lanjut.

2. PhotoScape

Sama hal nya seperti Photoshop, Photoscape ini juga merupakan perangkat lunak yang di gunakan sebagai pengeditan photo atau gambar, tak heran jika PhotoScape sering di anggap sebagai aplikasi alternatif dari Adobe Photoshop dikarenakan hampir semua fitur Photoscape bisa kita dapatkan secara geratis sedang Adobe Photoshop tidak sepenuhnya bisa kita didapatkan secara geratis.

Meskipun geratis, kemampuannya dalam pengeditan photo tidak bisa dipandang sebelah mata, Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur pengeditan foto seperti mengoreksi backlight, white balance, mode mosaik, hingga mencoret-coret gambar editan.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian para pemula yang sedang giat-giatnya belajar dan mengembangkan bakat kreatifitas tanpa mengeluarkan banyak biaya untuk satu lisensi, karena selain geratis aplikasi ini juga di buat sesederhana mungkin sehingga memudahkan kalian untuk menggunakan nya.

3. GIMP

GIMP adalah suatu program manipulasi gambar (Image Manipulation Program) terbaik yang bersifat Open Source. Program ini merupakan perangkat lunak yang di distribusikan secara geratis, aplikasi ini dapat digunakan untuk mengolah gambar, mengkomposisi gambar serta dapat membuat gambar.

Selain di lengkapi dengan banyak fitur dan opsi umum seperti aplkasi pengolah gambar atau photo lainnya, GIMP juga mendukung berbagai macam plugin dan memiliki design yang intuitif seperti gambar di bawah.

GIMP dapat di instal atau bisa di jalankan di semua sistem oprasi komputer seperti windows, mac, atau linux, bahkan anda bisa menginstal nya di USB Drive dan di jadikan aplikasi portable

Perlu anda ketahui, hampir semua fitur dan tools di dalam nya merupakan software berbayar.

4. Paint Shop Pro

Paint Shop Pro (PSP) merupakan salah satu program aplikasi berbayar yang di gunakan untuk pengolahan gambar tingkat lanjut, aplikasi ini cocok untuk photographer profesional, karena tampilan menu bar dan fitur-fitur lainnya hampir mirip dengan photoshop hanya saja sedikit sulit dalam pengoperasian nya, maka dari itu saya tidak merekomendasikan aplikasi ini untuk pemula.

Dibandingkan dengan Photoshop, Paint Shop Pro cendrung lebih murah, selain harga nya yang lebih murah di bandingkan Photoshop, Paintshop Pro ini juga menawarkan kemampuan yang tak kalah baik pula, maka tidak heran Paint Shop Pro lebih sering digunakan oleh photographer profesional.

Tetapi pada kesempatan kali ini saya sarankan pada kalian pengguna Paint Shop Pro untuk menggunakan Paint Shop Pro versi sebelum nya saja di banding upgrade ke versi terbarunya (Paint Shop Pro 2019). Karena menurut saya tools serta fitur lainnya pada versi Paint Shop Pro 2019 yang sekarang ini kurang menarik dan masih butuh beberapa perbaikan.

5. Lightroom

Lightroom merupakan salah satu aplikasi yang di miliki oleh adobe selain Photoshop, yang sudah pasti labih murah dari Photoshop. Awal dari kemunculannya aplikasi ini digunakan sebagai pengolahan gambar mentah (RAW) dan memiliki fungsi sebagai katalog.

Sampai pada versi terbarunya, aplikasi ini mampu menjalankan beberapa fitur yang di miliki oleh aplikasi Photoshop dan pengoperasiannya pun tidak jauh beda dengan Photoshop, hanya saja tampilan interface nya saja yang berbeda.

Perbedaan lainnya dari Ligthroom ini cendrung digunakan untuk permainan efek warna yang lebih bervariasi serta lebih mudah digunakan. Sejauh ini Lightroom sudah cukup bagus untuk di gunakan.

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan, semoga dari artikel ini kalian dapat membandingkannya sendiri mana yang pas dan sesuai dengan karakteristik kalian masing-masing.